Sejarah Mesin Pencari Mbah Google

Google adalah sebuah perusahaan multinasional yang bergerak dibidang jasa dan produk digital Internet yang sebagian besar sumber pendapatannya berasal dari Produk Periklanan yaitu AdWords. Kantor Pusat google bertempat di Mountain View, California Amerika Serikat yang diberi nama Googleplex.

Google atau yang Akrab disapa Mbah google ini sangat terkenal dengan produk Andalannya yaitu Mesin Pencari Web. Hal ini memudahkan ketika kita mencari informasi yang dibutuhkan. Hanya dengan mengetikan kata sandi atau kalimat yang diinginkan, maka Google akan menampilkan situs web yang terkait dengan informasi tersebut.
Sejarah Mesin Pencari Mbah Google

Sejarah Google

Pada saat sekarang ini sepertinya hal yang mustahil jika kita membuka Internet tanpa membuka Google. Tapi tahukah Anda ternyata selain mempunyai Nama yang unik ternyata Google juga mempunyai sejarah unik yang menarik untuk dibahas. Berikut sejarah awal mula terbentuknya perusahaan google.

Pendiri Google

Google dimulai dari proyek penelitian yang dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996. keduanya merupakan mahasiswa pascasarjana Ph.D di Universitas Stanford. mereka berdua berkolaborasi mengembangkan mesin pencari bernama BackRub, yang mereka operasikan melalui server di kampus mereka.
Larry Page dan Sergey Brin - Pendiri Google

Mereka berdua mempunyai Misi yaitu "Mengumpulkan informasi dari seluruh dunia dan membuatnya bisa diakses secara universal dan bermanfaat bagi semua orang". 

Teori yang Larry Page dan Sergey Brin kembangkan yakni "Halaman web yang paling banyak terdapat link menuju halaman tersebut dari halaman-halaman web yang relevan, merupakan halaman-halaman yang paling relevan". Hal ini merupakan bagian dari studi mereka dan menjadi dasar bagi Mesin Pencari mereka kembangakan.

Asal Mula Kata Google

Pada Tahun 1997, Larry Page dan Sergey Brin merubah nama BackRub menjadi Googol. Kata googol sendiri merupakan sebuah istilah matematika untuk bilangan yang berarti angka 1 yang diikuti 100 angka nol (dalam desimal). yang diciptakan oleh Milton Sirotta pada tahun 1920 yang saat itu baru berusia 9 tahun. Milton Sirotta merupakan keponakan dari Edward Kasner seorang ahli matematika Amerika. 

Istilah googol ini diambil oleh Larry dan Sergey karena sesuai dengan misi google yaitu gudang informasi tak terbatas di internet. Namun para investor yang tertarik pada proyek ini rupanya salah dalam mengeja nama Googol menjadi Google, dan sudah telanjur menuliskannya dalam cek. Hal ini membuat Larry dan Sergey akhirnya menggunakan nama Google untuk mesin pencari mereka.

Awal Berdirinya Perusahaan Google

Pada tanggal 7 September 1998 Larry Page dan Sergey Brin secara resmi membentuk perusahaan yang mereka beri nama Google Inc. Namun tanggal 7 September tersebut menjadi hari jadi Google yang resmi hanya bagi sebagian orang.

Sebagai langkah Awal Mereka berdua Akhirnya mempublikasikan bahwa Pada tanggal 15 September 1997 Domain Google.com akhirnya telah berhasil didaftarkan pada MARKMONITOR INC. Pada tahun berikutnya google Inc didirikan secara resmi pada tanggal 4 September 1998 di Menlo Park, California Amerika Serikat.

Pada tanggal 10 Agustus 2015, Larry Page CEO Google mengumumkan melalui postingan blog, Bahwa akan membentuk perusahan baru bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk mencakupi semua usaha bisnis yang dilakukan oleh Google.

Hasil Restrukturisasi Alphabet Inc adalah Larry Page sebagai CEO, Sergey Brin sebagai Direktur Google dan Kepala Divisi Proyek Khusus, Eric Schmidt sebagai Ketua Eksekutif, dan Sundar Pichai sebagai Kepala Divisi Produk.

Perkembangan Perusahaan Google

Perusahaan google saat ini telah mengoperasikan lebih dari satu juta server yang tersebar di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian. setiap harinya google mengolah data buatan pengguna sekitar 24 petabit (1 Petabit = 1.000 terabita). Pada tahun 2012, Mesin Pencari Google telah menemukan lebih dari 30 triliun URL unik di web. 

Pada bulan Desember 2012, Alexa.com mendeklarasikan bahwa google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia. Lalu Pada tahun 2014, Google juga mendapatkan penghargaaan bergengsi oleh Business Insider sebagai perusahaan digital yang memiliki merk paling bernilai.

Google merupakan salah satu perusahaan yang gencar mengakuisisi dari startup-starup yang berpotensi Akan berkembang. Berikut Beberapa Produk Google Berhasil dikembangkan yang berasal dari Starup Berpotensi dan telah secara resmi diakusisi oleh google:

1. YouTube yang pada awalnya dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Kemudian Pada pada bulan November 2006, YouTube, LLC secara resmi dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan Beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

2. Android yang awalnya dikembangkan oleh Android, Inc. yang kemudian di beli oleh gogle pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007 dan Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

3. Blogger yang merupakan sebuah layanan publikasi blog yang awalnya dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003.

4. Google Maps yang dirancang oleh Lars dan Jens Rasmussen Eilstrup pada Where 2 Technologies. Pada bulan Oktober 2004, perusahaan ini secara resmi diakuisisi oleh Google.

Masih banyak Starup lainnya yang diakusisi oleh google, Hingga kini tercatat sudah ada ratusan startup potensial yang diakuisisi oleh Google. Sejak Tahun 2010, hingga kini jika dirata-rata, berarti hampir setiap minggu Google mengakuisisi lebih dari satu perusahaan starup berpotensial.

Tidak hanya di produk digital, saat ini produk google pun telah beralih ke perangkat keras komunikasi. Google bekerja sama dengan berbagai pengembang elektronik besar seperti Nexus, Chromebook. dan mengakuisisi Motorola Mobility pada bulan Mei 2012.

Kantor Pusat Google

Kantor Pusat google berada di 1600 Amphitheatre Parkway di Mountain View, California Amerika Serikat, yang diberi nama Googleplex. Bangunan ini mempunyai luas 47,038 m² yang dibeli oleh google seharga $319 juta pada tahun 2006 dari Silicon Graphics.

Sejarah Mesin Pencari Mbah Google

Kantor google dilengkapi dengan ruang hiburan yang tersebar di komplek bangunan dan setiap karyawan google memiliki akses untuk menuju pusat hiburan tersebut. Google sendiri memiliki suasana budaya perusahaan yang Serius tapi santai, Hal ini sesuai dengan Filosofi google yakni "Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan".

Ruangan hiburan yang disediakan adalah seperti gimnasium dengan alat-alat olahraga, meja bilyar, meja ping pong, ruang pijat, ruang permainan video, ruang rekreasi, ruang makan yang didesain seperti cafe yang menyediakan berbagai makanan dan  lusinan minuman seperti Jus, Cappuccino, Soda, dll.

Kantor Google Indonesia

Google memiliki 129 kantor perwakilan di 57 negara dengan jumlah Karyawan sebanyak 57 Ribu Orang. Kantor google di indonesia terletak di puncak gedung Sentral Senayan II, Jakarta Selatan. Desain interior kantor google ini pun sangat unik yang disesuaikan dengan kebudayaan di indonesia dan tentunya juga dilengkapi dengan Ruang hiburan.

Pada Bagian Lobi depan terdapat logo google yang dihiasi dengan cetakan-cetakan batik cap aneka pola. terdapat juga ruang diskusi Santai yang tidak berisi kursi, tetapi tersedia kasur dan bantal dengan susunan mirip daerah persawahan di pegunungan. terdapat juga ruang game yang dilengkapi konsol Xbox 360 beserta control Kinect (Perangkat Motion).

Krishna Zulkarnain (Manajer Pemasaran Perwakilan Google Indonesia) mengatakan Teknologi tak harus selalu serius, google merupakan perusahaan yang menyenangkan, tapi tetap melakukan hal-hal keren yang penting.

Setiap Ruang tersebut memiliki nama yang unik, bahkan beberapa ruangan terdengar cukup nyeleneh seperti Gelora Asmara, Gudang Rezeki, dan Pangkalan Ojek. Rudy Ramawy (Kepala Perwakilan Google Indonesia) mengatakan bahwa nama-nama tersebut hasil kreatifitas para karyawan yang dimaksudkan untuk mengundang rasa penasaran saat karyawan Google dari negara lain berkunjung.

Tidak heran jika google saat ini merupakan sebuah perusahaan berpredikat nomor satu dalam jajaran top 100 perusahaan yang paling diminati di dunia.

Peran Serta Blogger dan Webmaster

Peran para Blogger dan Webmaster merupakan punya Andil besar dalam kemajuan Google saat ini. seperti kita ketahui bahwa sumber laba terbesar google berasal dari Produk Periklanan yaitu AdWords yang di publikasikan oleh Blogger dan Webmaster melalui Adsense.

Hal ini merupakan Kerjasama yang saling menguntungkan Antara Google dengan para Blogger dan webmaster. Jadi tidak heran jika Adsense merupakan Media Periklanan Nomor satu yang diincar untuk memonetisasi Blog atau Web.

Inspirasi Sejarah Google

Google menjadi Sukses dan Terkenal seperti sekarang ini, berasal dari Impian dan usaha dua orang mahasiswa pasca sarjana dengan misi "Mengumpulkan informasi dari seluruh dunia dan membuatnya bisa diakses secara universal dan bermanfaat bagi semua orang".

Jika kita mengambil kisah inspiratif dari sejarah berdirinya google ini bisa kita jadikan pelajaran bahwa Dengan impian dan tujuan yang jelas, plus usaha yang yang terus menerus dilakukan secara konsisten tidak ada sesuatu yang tidak mungkin, bukan?? Semangat Buat para Blogger dan Webmaster Indonesia !!

Demikian Ulasan mengenai Sejarah Mesin Pencari Mbah Google, Semoga Bermanfaat.
Reaksi: 

Related

Blogpedia 8524241907687658778

Post a Comment

emo-but-icon

item